Diberdayakan oleh Blogger.
Download Ebook Panduan dasar komputer
Download Ebook Panduan dasar komputer

Kamis, 09 Juni 2011

Membuat Template Blog Indah

Setelah tertunda begitu lama postingan ini ku siapkan akhirnya bisa launching juga hehehhe… kayak lagu aja pake launching segala.

Oke tanpa basa basi lagi, materi kali ini akan saya bahas mengenai pembuatan template blog dengan sangat super super mudah…hehhe….bayangkan saja anak yang baru saja memulai blogger aja bisa memperaktekkan cara ini, sehingga seseorang dapat membuat templatenya sendiri dengan baik bahkan secara professional (lebay)  ^_^.

Sebuah pertanyaan dari seorang pemula blogger (sama seperti saya dulu nya)

 Apa itu template?
        Jawab : Template merupakan kulit dari sebuah tampilan yang memudahkan pengguna untuk memahami arti dari informasi yang di sampaikan dengan meletakkan informasi tersebut di halaman itu. Singkatnya Tampilan yang berisi tulisan, warna dan informasi yang di jadikan satu.

Contoh mudah, ketika anda ketikkan www.awasgoblok.blogspot.com di browser anda kemudia di enter, maka tampilan yang muncul tersebut adalam tampilan yang di dasari oleh template (jangan terkesima dengan gambar profil saya).

Untuk apa template di buat, bikin repot aja?
      Jawab : Loh tapi mau belajar blog, gimana kalau kita ngeblog gak ada tampilan warna dan informasi, yah gak ada yang baca donk, begitu anda mendaftar di blogger atau di wordpress atau lain sejenisnya anda sudah di berikan kemudahan dengan di berikan tampilan walaupun hanya tampilan putih semua. Ketika anda daftar di facebook pun anda sudah di beri tampilan dan anda tinggal klik, edit, tambah dan hapus.

Nah jika anda sudah mengerti dan memahami apa itu template maka kita bisa lanjut ke materi utama beserta Praktek, ingat Teori yg baik akan memudahkan praktek yang akan di jalani. Saya harap anda mengerti dan jika belum silahkan komen dibawah mengenai teori2 dasar template.

Pada Praktek ini,  Saya menggunakan software Artisteer.versi 2.5
Untuk penginstallan lakukan seperti biasa dan diakhiri dengan pilihan standard Edition. Yang perlu di ingat bahwa untuk mengaktifkan software ini menjadi full version anda harus melakukan registrasi/pembayaran untuk mengetahui serial number nya, ke situs resminya dan kalau ingin gratis dan mendapat full version nya selahkan cari google crack untuk aplikasi ini dan berhati-hatilah dalam mendownload cracknya kemungkinan crack  di combine program jahat, scanlah terlebih dahulu hasil download crack nya dengan anti virus yang baik milik anda. Maaf saya tidak bisa memberi tahu diman mendownload crack software nya, sekali lagi saya minta maaf .

Berikut adalah tampilan utama nya yang sangat mudah tuk di pahami
(seperti MS.Office 2007).

Pada gambar telah saya berikan point-point berupa huruf A sampai H untuk menjelaskan secara detail fungsi2 nya.
 
Point
A : Ini adalah pilihan untuk membuat template yang nantinya jadi fokus kita pada materi.

B : Pilihan ini jika anda ingin membuat template bagi tampilan Joomla , wordpress (jika anda penguna blog tipe wordpress.com anda juga bisa memilih ini) kemudian drupal dan dotnet nuke.

C : Nah ini jika anda ingin membuat template yang di kombinasikan dengan HTML page, ASP.NET dan kode charge studio.

D : Jika tanda centang ini di hilangkan maka pada saat aplikasi ini di kemudian hari di jalankan maka tampilan A-F ini tidak akan muncul kembali.

E : Nah yg ini untuk membuka  file yang mungkin pernah anda buat tetapi belum selesai dikerjakan, ingat yang bisa di buka hanya dokumen yang berekstensi  “.artx ”.

F : Kebetulan saya buat juga dengan nama file “ini dia”, file ini muncul karena saya belum menyelesaikan editan template dan masih berekstensi “.artx ” yang nantinya di kompile menjadi formatnya template blog yang berekstensi “.xml”

G : Merupakan tampilan yang nantinya akan menjadi awal template yang akan kita rombak total.

H : Merupakan menu dan tools yang sangat perlu di gunakan untuk membantu dalam merombak dan menghias tampilan template itu sendiri.



Hufftttt…capek ya ngetik segitu aja, maklum mengetik 11 jari , seharusnya cepat donk, tp arti 11 jari ini ya jari telunjuk kiri dan jari telunjuk kanan yang aktif…hehehehhe…tapi tidak apa-apa, krn tujuan saya mulia jadi capeknya tidak terasa, (keep sharing).

 
Oke perhatikan gambar berikut dibawah ini :
 

Ingat dan lihatlah perubahan yang terjadi jika anda memilih salah satu pilihan misal sidebar, suggest menu, saya yakin anda tidak akan kesulitan dengan aplikasi ini karena tampilan nya yg user frienly dan mudah untuk di gunakan tanpa sedikit pun harus mengetahui bahasa pemrograman, hanya yang diperlukan hanya kreatifitas dan latihan berserta eksperimen dan tidak lupa semangat belajar yang tinggi. :D keep spirit donk!!!







Jangan lupa warna dan background untuk memperindah tampilan, jangan ragu untuk kilk sana dan klik sini. Nah, ini saya Cuma melakukan klik untuk menambah kecantikan dari template dan saya kasih coraknya yaitu corak bunga, Ayo terus eksperimen dan tunjukkan kreasi mu…heheheh ^_^




Saya tahu anda tidak sabar untuk melihat hasil karya anda, pasti penasaran bagaimana hasil nya jika sudah di publis di internet atau ingin melihat hasil karya anda.
Lihat pada gambar dan instruksi saya
  1. Klik pada gambar yang  No1 pada gambar dibawah (icon tempat cat pelukis)
  2. Pilih Priview In browser
  3. Plih lah browser yang anda inginkan kebetulan saya Cuma install mozilla dan jika anda install chrome atau opera atau safari, maka icon browser tersebut juga akan muncul dengan terang.

 
Jika semuanya sudah benar dan yakin, selanjutnya adalah membuat tampilan yang anda design dan percantik tersebut ke bentuk template yaitu ke bentuk  xml untuk di upload ke blog.
Untuk mencetak dan menciptakan file xml tersebut adalah dengan cara klik icon tempat cat lukis atau bisa dari menu bar pilih “publish” (yang bergambar bumi dan huruf B lambing blogger) tepatnya di sebelah kanan “undo” pada menu bar dan bisa juga lihat pada gambar dibawah ini : ^_^


Nah ini cara mngekspornya/mencetak nya kedalam bentuk  xml melalui icon tempat cat lukis dan pilih Export dan pilih Export Template.




 
 
Setelah itu Pilihlah tempat output nya keluar dan disimpan atau media hasil keluaran nya, yaitu pilihlah folder dimana anda menyimpan dan menciptakan folder tersebut. 
        Contoh saya menyimpannya di folder My Document.
Jangan lupa beri nama dan kemungkinan hasilnya nanti filenya dalam bentuk zip jika mengikuti cara saya, dan nantinya bisa saja anda ekstrak. Semangat yoooo….hheheheh




Kemudian tunggu sampai proses selesai




Setelah hasil proses selesai, selanjutnya buka folder anda tadi yang sebagai tujuan outputnya.
Kemudian perhatikan gambar di bawah ini, yg sebelumnya saya ekstrak dengan winzip dan lihat isi foldernya. Ada 2 file yaitu “main.xml” dan “screenshoot.png” .
File yang bernama main.xml ini lah yang nantinya cikal bakal template kita…cee..iiii..leee..cikal bakal…hehehhe. Sedangkan file yg bernama “screenshot.png” di abaikan saja



Dan untuk melihat karya saya dalam menggunakan software ini anda bisa buka blog versi inggri saya yang beralamat devanesen(dot)blogspot(dot)com  (ganti dot dengan titik) <- blog ini merupakan tugas dari dosen conversation saya untuk buat artikel inggris dan sebagai penyemangat dalam belajar bahasa inggris (lebayyy) ..hehheeh....
 
Sampai disini dulu perjumpaan kita dalam tutor yang sangat very simple alias gampang banget, Mudah-mudahan dengan tutor ini dapat membantu anda dalam ber-blog ria dan bisa berpamer ria dengan sahabat blogger lain….hehehhehe, jangan lupa ya main ke blog saya lagi, karena blog ini akan sering memberikan ilmu-ilmu pelajaran yang menarik tuk di pelajari dan dibahas secara mendetail menurut saya…hehheeh.

Jika ada kata-kata saya yang salah, saya mohon maaf.

Jika ada sumur diladang boleh lah kita menumpang mandi
Jika ada umur yang panjang bolehlah kita mandi bareng…..eehhhhh..salah maksudnya berjumpa lagi….hehehhehe




     .: Salam Blog walking :.

Rickson     a.k.a       Leo Sandros

 
Jangan lupa di like ^___^

Artikel Lain



6 komentar

Hanifa

saya udah follow blog sobat, follow bcak ya

Admin - Sc Zone

gan tempat download artisteer 2.5 nya dimana ?

Rickson

@Sc-zone : mas...di chat forum FB dah kujawab kan :D

@M.Indra : Mudah mudahan postingan saya membantu banget...heheheh :D

Dode Van Persie

mantap gan !!!!

Bayu

bos template bikinanku dsudah jadi. tapi kog gag bisa di upload. pas tag upload malah tulisannya keluar begini

Kami tidak dapat menyimpan template Anda.
Harap perbaiki kesalahan di bawah, dan kirimkan template Anda lagi.
Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar.
Pesan error XML: Content is not allowed in prolog.

ada solusi ?????

Anonim

oke2 nice post

Posting Komentar